Barang-barang Jaman Dulu

May 3, 2013 § Leave a comment

Sudah tidak terhitung berapa kali orang tua menyuruh saya untuk ‘menyingkirkan’ barang-barang yang sudah tidak dipakai lagi. Sudah berkali-kali pula saya berdalih bilang, “Jangan dong, masih dipakai nih barangnya.” Gak heran kalau banyak romel di kamar saya, entah barang dari jaman masih kuliah, SMP, bahkan dari jaman saya masih SD pun juga masih ada. Saya termasuk kategori orang yang suka menyimpan barang, dalam pikir saya, siapa tahu barang ini akan berguna suatu saat. Walaupun banyak sekali barang yang saya bela eksistensinya dengan pikiran semacam itu, tapi pada akhirnya tidak berguna sama sekali. Kebetulan baru-baru ini barang-barang di kamar saya dikeluarkan semua oleh orang tua, kemudian saya diminta untuk memilih barang mana saja yang kira-kira masih saya gunakan dan mana yang sudah tidak dipakai lagi. Barang tersebut entah akan berakhir di tempat sampah atau berakhir di pemilik baru. Tadinya saya mau kepikiran bikin garage sale gitu, karena kan lumayan barang-barang lama ini bisa jadi uang, bisa buat nabung. Tapi sayang sekali saya belum ada waktu, tempat dan sepertinya ada saudara saya yang mau ambil barang-barang bekas saya pakai. Alhamdulillah yah. Yah tidak apa-apa deh tidak jadi uang, yang penting barang-barang ini cepat berpindah tangan saja, karena memang kamar saya penuh barang-barang yang sudah tidak saya gunakan lagi.

Tadinya saya malas untuk memilah barang mana saja yang akan dipindahtangankan (entah ke tempat sampah atau manusia lainnya) karena saat itu kamar kakak saya sudah mirip gudang. Semua barang dari kamar saya dan beberapa barang dari kamar kakak saya diletakkan di situ. Kalau masuk, rasanya seperti berenang di lautan barang. Yah daripada saya kena omel karena enggak mau beresin barang, ya sudah deh mari kita memilah-milih.

Nah dari pemilahan barang-barang ini, saya jadi nemuin barang-barang jaman baheula banget yang sudah jelas banget enggak akan saya pakai lagi. Saya ternyata masih simpan mainan clay yang merknya Play-Doh itu. Terus saya ternyata punya krayon Pentel, pensil warna Staedtler, pensil warna faber castell (yang sayangnya udah gak bisa dipakai lagi), satu set alat gambar buat anak-anak (ada spidol, cat air, krayon, dan lain-lain), dan saya masih punya krayon Crayola (ajaibnya yang ini masih bisa dipakai, warnanya gak kering). Kalau anak-anak yg lahir tahun 90-an gitu mungkin tahu yah betapa hipsnya dulu crayola :) saya sampai punya aneka spidol dan krayonnya haha. Enggak ngerti udah berapa duit abis buat begituan, mending sampai habis dipakainya, ini masih rada panjang krayonnya :)).

Barang lain yang saya temuin adalah cincin kakak saya dan kalung batu opal bentuk koala ini. Kalung koala ini jarang saya pakai karena dulu pernah ngelibet rambut saya, pas ngelepasinnya lumayan sakit, dan memakan korban beberapa helai rambut saya. Sekarang mau saya gunakan dengan baik dan benar ah. Kalau cincin biru itu sih iseng aja saya selamatkan, tapi kok saya pakai kurang bagus ya, emang kayaknya saya enggak bakat pakai cincin kecuali cincin nikah #eh.

Kalung panda dan cincin

Kalung panda dan cincin

Terus saya nemuin prakarya dari jaman SD, ngejahit-jahit cantik walau berakhir buruk rupa juga :)) saya dulu sempat bangga banget bisa jahit begini, sampai bragging ke orang rumah, nanyain ada yang mau dibikinin gini juga gak. Masa muda. Kalau gak salah yang foto di bawah ini itu ujian dari guru saya, jadi musti bikin tulisan dan gambar gitu. Dua gambar itu saya contek dari sketsa temen saya, dia bikin rapih banget di kertas kotak-kotak yang buat buku tugas matematika itu lho :) Nah buat yang stroberi (iya, yang merah-merah itu stroberi!), saya ngarang-ngarang sendiri, makanya jelek :)) yang bunga juga nyontek temen saya hehe, makasih ya.

Prakarya jahit jaman SD

Prakarya jahit jaman SD

Kalau yang di bawah ini adalah koleksi stiker punya kakak saya. Lucu-lucu nih stiker jaman dulunya. Yang ini lucu deh, bahannya bukan kertas, tapi kayak material keras kayak cork gitu, makanya gampang patah karena tipis (dan sepertinya saya yang patahin, maaf yah haha).

Stiker jadul

Stiker jadul

Yang di bawah ini favorit saya, salah satu alasan kenapa saya enggak mau ngelungsurin buku stiker ini ke sepupu saya *jahat*. Stiker tonari to totoro! Enggak ngerti kenapa, tapi saya ada feeling kalau ini bisa jadi cult dan cakep banget. Terus pas saya lihat-lihat stiker lain, ada juga stiker snoopy yang retro banget, stiker ikan yang ber-layer kewren gitu. Yah, sayang nih, banyak memorinya (walau saya enggak inget juga sih wkwk). Jadi sori ya sepupu yang manis, yang satu ini gak bisa saya kasih, nilai kejadulannya tinggi banget soalnya. Kapan-kapan mau saya pajang di pigura biar awet hehe :D

Stiker tonari to totoro

Stiker tonari no totoro

Dan masih banyak lagi barang-barang jadul lainnya, seperti organizer dengan kertas lucu-lucu (yang cewe pasti dulu juga punya deh, terus tuker-tukeran kertas lucu sama temen), stiker yang masih belum ditempel dimana-mana, kalung hardcore jaman dulu (ada deh), buku cerita anak-anak, dan masih banyak lagi. Waah kalau bisa gak dibuang, gak dibuang sih sebenarnya, pengennya diwariskan gitu (alasan). Mungkin ada beberapa barang yang bisa saya alih-tangankan (bahasa apa ini) ke keponakan saya, lumayan :D .

Asyiknya dari perburuan barang ini selain nemu barang-barang jadul, juga bisa napak tilas. “Eh dulu gue pake ini buat ini, eh barang ini kan gue ambil dari si ini..” dan sebagainya. Jadinya nostalgic banget, sayang jadi makan waktu :P kerjaan lain jadi terbengkalai. Kayaknya setelah ini pun saya mau beresin barang-barang jadul itu lagi, kalau ada yang menarik, bisa banget ditulis di sini :D moga-moga nemu barang yang bisa jadi uang deh ya hahaha.

Tagged: , , , ,

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading Barang-barang Jaman Dulu at Saskyong's Blog.

meta

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,960 other followers

